Bagaimana Cara Menambah Penghasilan dari Rumah

Written By herman on Kamis, 19 Juli 2012 | 17.23


Ibu rumah tangga juga bisa berkontribusi menambah penghasilan keluarga. Jika tak suka menjadi reseller atau menjual produk tertentu seperti kebanyakan bisnis sampingan kaum ibu, Anda bisa berpenghasilan dari rumah dengan sejumlah cara lain. Manfaatkan keterampilan yang Anda miliki untuk menjalankan beberapa ide bisnis dari rumah ini.


1. Desain grafis

Anda suka mengutak-atik gambar dengan photoshop? Atau bahkan Anda punya latar belakang pendidikan desain grafis atau komputer misalnya. Jika pun tidak, Anda bisa memelajari cara mengaplikasikan fitur photoshop di PC atau laptop Anda. Manfaatkan talenta Anda dengan Photoshop untuk menciptakan bisnis sendiri.

Dengan keterampilan Photoshop, Anda bisa merancang desain banner atau logo iklan, kartu nama, atau berbagai produk berbasis digital lainnya untuk berbagai acara, seperti kelahiran, ulang tahun dan lainnya. Untuk memulai bisnis ini, lakukan sejumlah langkah awalnya:

* Promosi melalui forum dengan cara tak langsung, misalnya, ganti signature profil Anda dengan link website perusahaan desain grafis yang Anda dirikan.
* Lakukan barter dengan website di bidang advertising.
* Bagikan kartu nama Anda kepada sasaran langsung.
* Kumpulkan kartu nama orang lain, lalu hubungi mereka, dan tawarkan untuk membuatkan kartu nama dengan gratis biaya desain.

2. Desain website

Jika Anda memiliki keterampilan mendesain website, manfaatkan celah bisnis potensial ini. Banyak orang mencari jasa perancang website dengan harga terjangkau, karena banyak orang yang ingin memiliki website sendiri namun tak tahu cara membuatnya.

Berikut beberapa langkah untuk memulainya:

* Kembangkan beberapa website yang ditawarkan gratis, sebagai cara berpromosi agar orang lain terhubung langsung ke website perusahaan Anda.
* Bangun jejaring dengan ibu yang bekerja dari rumah, dan tawarkan jasa Anda.
* Buatkan desain website untuk teman atau keluarga Anda, lalu hubungkan langsung website mereka dengan situs perusahaan Anda.
* Hubungi pemilik usaha kecil di sekitar Anda, dan tawarkan jasa desain website milik Anda.

3. Penitipan anak

Anda bisa mendirikan jasa penitipan anak secara mandiri, sekaligus mencarikan teman untuk anak Anda di rumah. Langkahnya:
* Mencari informasi dari teman atau keluarga, terutama para ibu bekerja, yang membutuhkan jasa penitipan anak.
* Beriklan di media cetak lokal atau di yellow pages.
* Sebarkan flyer di sekitar tempat tinggal Anda, terutama pusat perbelanjaan.

4. Penulis lepas

Jangan sia-siakan kemampuan menulis Anda. Selain media massa, penerbit buku juga membutuhkan penulis baru yang segar dan bertalenta. Mulailah mengasah kemampuan menulis Anda secara lebih serius dan berpenghasilan darinya dengan cara:

* Berjejaring dengan media massa dan penerbit buku, cari informasi dari mereka mengenai kebutuhan penulis. Untuk media cetak, seperti surat kabar atau majalah, tanyakan apakah mereka membutuhkan jasa kontributor. Celah ini dapat Anda manfaatkan untuk memulai menulis rutin dari rumah.

* Kirimkan email kepada sejumlah situs internet, dan tanyakan apakah mereka tertarik untuk membeli artikel Anda yang terkait dengan perusahaan mereka. Lampirkan biodata diri dan contoh tulisan Anda.
* Jual artikel Anda melalui website yang menyediakan jasa pembelian artikel.

5. Mengajar privat

Jika Anda berpengalaman sebagai pengajar, dan memiliki keterampilan lain di musik misalnya, Anda dapat menawarkan diri untuk mengajar privat. Langkahnya:
* Kirim surat penawaran atau hubungan pihak sekolah di dekat tempat tinggal Anda, dan tawarkan jasa mengajar privat untuk beberapa bidang.
* Beriklan lah di surat kabar lokal.
* Hubungi komunitas homeschooling di sekitar Anda dan tawarkan jasa mengajar privat ini.

6. Bisnis kerajinan

Keterampilan Anda menjahit, membuat kerajinan, atau berbagai hobi lainnya dapat menjadi prospek bisnis menguntungkan. Mulailah berbisnis dengan cara ini:
* Miliki akun ebay, lalu jual produk kerajinan buatan Anda dari sini.
* Jual produk kerajinan Anda di berbagai bazaar atau event belanja di sekitar tempat tinggal Anda.
* Buat kartu nama, dan sebarkan di tempat-tempat yang layak dan sesuai sasaran.
* Buat flyer berisi ide hadiah dari produk kerajinan, dan sebarkan jelang musim liburan atau perayaan tertentu.
* Kumpulkan daftar nama pelanggan. Kumpulkan juga daftar hari ulang tahun dan hari jadi pernikahan kerabat, teman, kenalan dan tawarkan mereka produk kerajinan Anda sebagai hadiah.

7. Coaching

Coaching menjadi industri baru yang potensial. Banyak orang membutuhkan coaching untuk sukses dalam kehidupan pribadinya, dan meraih kebahagiaan. Seorang coach membuka dirinya untuk dihubungi melalui email dan telepon untuk membantu klien mencapai sukses dan meraih impiannya. Cara memulai bisnis ini di antaranya:
* Ikuti training untuk menambah keilmuan Anda.
* Tulis artikel yang mempromosikan bisnis coaching Anda, dan sertakan pertautan langsung ke website Anda.
* Tawarkan sesi perkenalan tanpa dipungut biaya kepada klien potensial Anda.

8. Fotografi

Hobi fotografi, yang juga disertai pengalaman Anda memotret berbagai objek menghasilkan banyak stok gambar yang bisa diperjualbelikan. Tawarkan stok foto Anda kepada perusahaan yang bergerak di bidang fotografi.

Langkah awalnya:

* Mulailah menggali pasar segmen tertentu, seperti fotografi hewan peliharaan misalnya. Lalu buat flyer dan sebarkan ke komunitas terkait.
* Sebarkan kartu nama Anda kepada keluarga, ibu dengan anak yang fotogenik, atau ibu hamil, jika Anda fokus pada jasa fotografi ibu-anak misalnya.
* Jual foto Anda kepada situs stok fotografi. Cari informasi mengenai jual-beli stok foto melalui internet.

9. Konten video

Video menjadi tren terkini terutama dengan maraknya penggunaan media online. Keterampilan Anda dapat menjadi sumber penghasilan, dengan cara memvideokannya dan menjualnya melalui website yang memberikan jasa tutorial, misalnya memasak, merajut, renovasi rumah, dan lainnya.

Berikut tips-nya:

* Hubungi website penyedia jasa tutorial via video melalui email. Kerajinan, memasak, dan keterampilan lainnya dapat menjadi konten untuk website penerbit video.
* Ciptakan sendiri video tutorial, dan promosikan diri Anda sebagai ahli di bidang tertentu, misal video kelas menjahit, memasak dan berbagai keahlian spesifik lainnya.

10. Blogging

Menulis blog juga dapat menjadi mata pencaharian. Banyak contoh nyatanya, sebuah blog berhasil menarik perhatian perusahaan besar dan menggandeng blogger untuk bekerjasama dengannya. Anda juga bisa menawarkan tulisan di blog Anda kepada perusahaan terkait dengan konten tersebut. Caranya, perkuat jejaring dengan berbagai pihak yang membutuhkan jasa blog. Bahkan saat ini, penerbit buku juga tertarik menerbitkan tulisan di blog, yang menarik, untuk dijadikan buku.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
berita unik